Sabtu, 21 April 2012

KISAH SEORANG AYAH


CERITA PENDERITAAN SEORANG AYAH

Pada zaman Rasul.saw ada seorang laki-laki yg mengadukan ayahnya bahwa ayahnya telah mengambil hartanya, maka Rasul.saw pun menyuruh anak laki2 tersebut membawa ayahnya datang menghadap beliau,
 kemudian malaikat jibril pun pada saat itu berbisik pada Rasulullah dan berkata
 “Yaa Rasulullah kalo ayah anak itu datang tanyakan pada dia syair yg setiap malam dia baca, yg dia ucapkan didalam hatinya dan tidak pernah di dengar oleh kedua telinganya, kalo dia datang tanyakan itu”
maka anak itu pun datang bersama ayahnya dan berkata “ ini Ya Rasulullah ayahku” maka Rasulullah pun bertanya “apakah benar kamu suka mengambil harta anakmu?”
maka sang ayah pun menjawab “tanyakan Yaa Rasulullah untuk apa aku mengambil hartanya, hanya untuk aku nafkahkan kepada salah satu bibinya atau untuk aku sendiri ? tanyakanlah Yaa Rasulullaah.. aku hanya ingin mamberikan yg wajib saja, bibi2nya ini fuqara’ semua dan dia adalah seorang yg kaya maka aku ambil sedikit hartanya untuk aku dermakan kepada bibinya sendiri untuk memberi nafkah kepada bibinya sendiri bukan untuk kepentinganku sendiri.”
Lantas Rasulullah.saw pun berkata “ kholas g usah di bahas ini tapi ku ingin dengar darimu syair yg kamu  ucapkan dalam hati yg tidak didengar oleh telingamu sendiri”.
Maka orang itu pun berkata “Yaa Rasulullah aku semakin percaya kepada kenabianmu, karena ini tidak ada yang tahu, jangankan orang lain bahkan telingaku sendiri tidak pernah tahu” maka orang itu pun membacakan syairnya..
Ketika engkau lahir aku memberimu makan
Dan ketika engkau tumbuh dewasa aku slalu menjagamu
Engkau di beri minum dari jerih payahku
Jika malam hari engkau sakit..
Maka sepanjang malam aku tidak tidur memikirkan penyakitmu
Hingga tubuhku sempoyongan karena ngantuk..
 Seakan-akan aku yg sakit..
Air mataku pun mengalir deras dan aku pun khawatir kau akan mati..
Saat engkau mencapai usia yg tepat..
Saat kuharap dirimu dapat membalasnya
Kau pun balas aku dengan kekasaran dan kekejaman
Seakan-akan engkaulah pemberi ni’mat dan yang dermawan.
Andai saja tak kau penuhi hakku sebagai ayah..
Kau perlakukan aku sebagai tetangga yg hidup berdampingan
Mendengar syair itu Rasulullah.saw pun menitikkan air mata seraya berkata “Kamu dan hartamu adalah milik ayahmu”
Ta’lim Sabtu Roudhah tentang “HAK SEORANG AYAH”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar